Menjaga Kesehatan dan Performa Komputer

Ads by Google

Komputer yang sehat adalah komputer yang bebas dari penyakit serta virus-virus. Sedangkan komputer dengan performa bagus adalah komputer yang dapat mengolah data dengan cepat. Untuk menjaga kesehatan dan performa komputer, saya punya tips ala saya yang selalu saya praktekkan sampai sekarang. Dan terbukti menjaga laptop saya tercinta selama hampir 3 tahun ini.

1. Program Security
Ada baiknya kita menduetkan 2 atau 3 program security untuk terlindung dari bahaya virus dan program berbahaya dari dalam dan luar negeri. Saya pribadi menggunakan Avast Internet Security dan SMADAV untuk melindungi dari bahaya virus lokal. Namun karena jaringan hotspot saya sering terkena ARP Attack, maka saya menambahkan Comodo Firewall untuk terhindar dari ARP Attack dan mengganti AIS dengan Avast Free AntiVirus. Lakukanlah scan dengan antivirus secara berkala dan selalu lakukan update.

2. Performance Optimizer
Performance optimizer adalah program untuk mengefisienkan kinerja komputer kita. Program yang masuk kategori ini misalnya TuneUp Utilities, Glary Utilities, dan RamRush. Secara fungsi TuneUp dan Glary Utilities hampir sama, sedangkan fungsi RamRush adalah memonitor dan mengefisienkan kinerja RAM kita. Lakukanlah scan dengan TuneUp atau Glary Utilities secara berkala 1-2 minggu sekali.

3. Defragment Harddisk
Harddisk diibaratkan perpustakaan. Kita mengambil buku-buku untuk dibaca dan menaruhnya kembali. Namun kita tidak selalu menaruh kembali buku-buku tersebut dengan benar. Dan lama-kelamaan perpustakaan terlihat kurang rapi sehingga membuat kita sulit untuk mencari kembali buku-buku untuk kita baca. Begitu juga harddisk kita. Kinerja komputer akan melambat karena processor jadi kesulitan mencari data yang kita cari.

Fungsi defragmenter adalah untuk merapikan kembali file-file kita di dalam harddisk. Umumnya sistem operasi Windows sudah memiliki Harddisk Defragmenter. Lakukanlah scan secara berkala untuk memudahkan kerja processor kita. Caranya, buka My Computer, klik kanan pada salah satu Local Disk (misal C:\), lalu klik Properties. Klik tab Tools, lalu pilih Defragment Now, jendela defragmenter pun terbuka.


4. Kebersihan tempat
Jaga selalu kondisi tempat sekitar komputer kita agar bebas dari debu. Debu bisa menyusup masuk ke mesin komputer kita. Kasus yang sering terjadi adalah kondisi Harddisk dan RAM yang berdebu mengakibatkan menurunnya kinerja komputer atau bahkan membuat Harddisk dan RAM tersebut tidak dapat digunakan, seperti yang pernah terjadi pada laptop saya. Akibatnya perlu dilakukan pembersihan mesin komputer.

Saya sendiri belum berani membongkar dan membersihkan sendiri laptop saya. Dan jalan satu-satunya adalah membawa laptop saya ke service center.

Mungkin cukup sekian tips dari saya. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ^^.

{ 8 comments... read them below or add one }

Jefry said...

PC saya akhir2 ini sering melakukan restart ulang secara otomatis, kira2 kalau anda tahu penyebabnya apa ya..
Terima kasih

Putra Wahyu said...

penyebabnya bisa bermacam-macam, coba luangkan waktu buat maintenance, scan virus, maintenance pake program optimizer, defragment harddisk, defragment registry

ato backup semua file lalu install ulang, klo masih suka restart kemungkinan hardwarenya yang kena

Anonymous said...

lopi sekarang jadi "bersuara" saat di dibuka, kenapa ya???

Putra Wahyu said...

seperti apa suaranya gan

revqishare said...

Wah.. makasik atas infonya...
visit my blog
http://revqishare.blogspot.com/
give me an advice

Putra Wahyu said...

sama-sama gan, pasti ane mampir :)

Unknown said...

Klo saya pake update ulang pake windows lokal sering banyak kedetek virus!! Apa saran ny gan??

Anonymous said...

makasih atas infonya :) :D

Post a Comment

Rules:
~Jangan melakukan Spam
~Berkomentarlah tentang artikel yang sobat baca
~Mohon maaf kalau ditemukan spam, atau komentar OOT (Out of Topic), komentar terpaksa saya hapus

Note:
Jika anda memposting pertanyaan atau request, mungkin saya tidak dapat langsung menjawabnya. Untuk mendapat notifikasi ketika pertanyaan atau request anda dijawab, silahkan login ke akun google anda, lalu klik SUBSCRIBE BY EMAIL di bawah kotak komentar dan notifikasi akan dikirimkan ke email anda.