Software-software Wajib Setelah Install Ulang PC/Laptop

Ads by Google
Kalau dahulu saya sudah berbagi tips mengenai kesehatan komputer, kali ini saya akan berbagi tips ala saya tentang software-software wajib untuk PC/Laptop yang baru diinstall ulang.

Selain untuk menjawab request dari sahabat, postingan kali ini berguna bagi saya dan sobat semua (semoga) yang sering kebingungan dan lupa akan software apa saja yang harus diinstall.

Software apa saja yang harus diinstall?


1. WinRAR::
Berfungsi untuk membuat dan meng-extract file Archive. Karena nantinya akan banyak software-software yang dibungkus dengan format RAR, jadi WinRAR adalah software pertama yang harus diinstall.

Download: WinRAR 4.20 Beta 3 Full

2. Security::
Sebelum lanjut menginstall software-software lainnya, install dulu security software untuk terhindar dari bahaya virus-virus maupun spyware yang membahayakan komputer dan privasi kita. Untuk program keamanan ini, saya menduetkan Avast Internet Security untuk menaklukkan virus-virus umum yang berbahaya dan SMADAV untuk melawan virus-virus lokal canggih buatan anak bangsa kita yang tidak terdeteksi oleh Avast.

Download:
Avast Internet Security 7.0.1426
SMADAV 2012 Rev 9.0.1

3. DirectX::
DirecttX berfungsi untuk memantapkan fitur 3D. Jadi bagi kalian para gamers wajib install ini, karena game-game berresolusi tinggi mengharuskan kita menginstall DirectX terlebih dahulu agar game dapat berjalan dengan baik.

Download: DirectX 9.0c June 2010

4. Winamp::
Bagi anda pencinta musik, Winamp akan menjadi teman setia anda.

Download: Winamp 5.623 Pro

5. Media Player Classic::
Pemutar video yang paling nyaman digunakan (menurut saya).

Download: Media Player Classic Home Cinema 1.6.3.5005 with complete codecs

6. Picasa::
Image viewer buatan google. Sangat mudah digunakan, bagi anda yang suka membaca komik di komputer, Picasa adalah program tepat. Dilengkapi dengan fitur Share and Tag Google+, juga fitur edit gambar yang lumayan.

Download: Picasa 3.9

7. Web Browser::
Rasanya akan kurang sekali kalau hanya mengandalkan Internet Explorer untuk berjelajah di Internet. Karena itu saya menginstall Google Chrome dan Comodo Dragon di laptop saya, karena kecepatan browsing dan startup yang cepat.

Download: Berbagai Variant dari Chromium Web Browser

8. Internet Download Manager::
Untuk maniak download, Internet Download Manager adalah software tepat untuk dijadikan teman setianya. Kecepatan download dapat meningkat berkali-kali lipat dari kecepatan download biasa.

Download: Internet Download Manager 6.11 Build 7 Full

9. Teracopy::
Mempercepat kecepatan Copy and Cut berkali-kali lipat dari kecepatan Copy and Cut biasa.

Download: Teracopy 2.27 Pro

10.RAMRush::
Memantau dan mengoptimalkan kinerja RAM kita. Software yang tepat bagi pencinta entertain yang mengharuskan komputer kita untuk bekerja dengan menggunakan banyak memory RAM.

Download: RAMRush 1.0.6.917

11. Glary Utilities::
Setelah menginstall semua software yang diperlukan, lakukan Maintenance dengan Glary Utilities untuk mengoptimisasi Harddisk, membuang file sampah, membetulkan registry yang mungkin sedikit rusak saat penginstalan dan masih banyak lagi manfaatnya bagi kesehatan komputer.

Download: Glary Utilities Pro 2.44.0.1450

12. Pelengkap::
Sebenarnya kurang tepat dikatakan sebagai pelengkap. Karena beberapa software mengharuskan kita menginstall program-program ini agar software tersebut dapat berjalan. NET.Framework berperan dalam peng-codingan dan eksekusi perintah. Dan Java RunTime untuk mengaktifkan sistem pemrograman Java yang digunakan oleh software dalam bahasa pemrogramannya.

Download:
NET.Framework 3.5 Full Redistributable Package
Java RunTime Environment 6.0 Offline Installer

Kalau anda perhatikan, software-software di atas sangat tepat bagi anda yang memfungsikan PC/Laptop anda secara mayoritas untuk kepentingan entertain atau hiburan.

Semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan harap dimaklumi dan dikoreksi, Kurang lebihnya mohon maaf, sekian dan terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana saya.

{ 74 comments... read them below or add one }

Vpie ◥TwekzLibz◤ MahaDhifa said...

. . wachhhhh,, lengkap banget nich. he..86x . .

Putra Wahyu said...

hahaha dipilih2 :D

Anonymous said...

good... :)

Vpie ◥TwekzLibz◤ MahaDhifa said...

. . jiach,, lagi jualan. aq downloadnya menyicil ne. he..86x. tapi itu gratis smua kan?!? . .

Putra Wahyu said...

gratiss tiss mumpung msh ada :D

Achmad Mushi Asrarillah said...

Wew...
Makasih requesannya udah di post,
Ane bingung mau install apa :D di coba ah, no.6 sama no.9nya... ^_^
Oya, satu lg.. Yg ada di pikiran ane prtama kali pas install ulang adalah,, di mana bisa donlot microsoft office?? <--- koq ga di masukkin :D

Putra Wahyu said...

buhahaha kelupaan, soalnya ane gak nginstall office :D

ntar deh q update lg

Hzndi said...

hahah officenya ga da, ntar ngetiknya di notepad dong :P

Putra Wahyu said...

wkwkwk ga ada office notepad pun jadi :P

Anonymous said...

tmbahin pake quicktime player jg bagus tuh gan.. :-)

Putra Wahyu said...

thanks sarannya gan :)

Anonymous said...

QuickTime Pro punya gak gan??

Putra Wahyu said...

saya usahakan nanti punya gan :)

Vpie ◥TwekzLibz◤ MahaDhifa said...

. . ocae dech. langsung sebet aja dech. he..86x . .

Achmad Mushi Asrarillah said...

hha, gapapa gan gausah repot2 nyari linknya...
soalnya ane udah pakai Libre Office di Linux Zorin OS 5 Core - Ubuntu Basic (sekarang ane dual boot gan),, dan kayaknya windows yg baru ane install terbengkalai karena klepek2 sama tampilan animation & effectnya si zorin Os ini,,,
Dan paling2 ke windows cuma buat isi pulsa modem doang, krena di linux modem ane gak bisa di install & konekinnya pkai wdial :D
~~~~ go go go open source :D

Putra Wahyu said...

wah basicnya ubuntu ya gan, asik tu pasti :D

Achmad Mushi Asrarillah said...

Hhe, asik banget gan,, sangat2 memanjakan mata *_*
Sugoii.......
kalo mau demonya liat di http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=QHCDU-CUoaQ (perbandingan seven dan zorin)

Putra Wahyu said...

emang mantep gan, ubuntu emang top soal performa, kayanya ga ada beban gitu buka aplikasi2

paling suka ama fitur jelinya, kenyel2 gitu hihihi XD

Soal koneksi juga ane dah coba gan, ane pake IDM windows, temen ane pake Prozilla Linux, IDM ane KEOK (T,T)

Anonymous said...

Enaknya pake Glary Utilities atau TuneUp Utilities ya?

Putra Wahyu said...

glary aja gan

Achmad Mushi Asrarillah said...

hha, itu juga favorit ane... namanya wobbly,,
animasinya bisa d ganti2 sesuka hati,,
pokoknya bkin pengguna windos ngiler XD tapi lebih ringan dari seven..

tapi ngomong soal ringan gak, ane pernah install ubuntu 12.04 beratnya minta ampun (di pc tua RAM cuman 512) akhirnya uninstall.. Kalo zorin lebih mendingan, kalo mau yg lebih enteng lagi pakai yg lite tapi fiturnya dikit + ane pernah nyoba konekin modem gak bisa2 -_- padahal enteng banget itu, nyetel video kualitas HD 1080P lancar jaya d pc tua xD (wah,,, jadi curhat)

Putra Wahyu said...

wkwkwk ane juga dah pernah nginstall, semua pemake juga komplain gan, konon katanya yang bikin berat itu nautilus, itu lohh menu2 yang ada di kiri (fitur baru versi 12), akhirnya ane pake yang versi 10 lagi

ntar deh kalo mau pake linux ane nyoba zorin, uda liat vid nya, bagus juga :D

Achmad Mushi Asrarillah said...

Iya menu2 yg d kiri itu, keliatannya sih keren n praktis (kayak mac) cuman kalo berat gitu percuma, bahkan ane sampe gak bisa shut down PC & cabut kabel power -_-

Oya, zorin itu ibarat linux mint, jadi di khususkan buat pemula.. tapi tampilan zorin yg mengadaptasi windows ibarat di ciptakan buat pengguna yg udah terbiasa di windows.. ^_^

Anonymous said...

klo buat nyari driver d mn ya gan?? coz cd drive gw ilang gan??

Putra Wahyu said...

Kalo itu harus googling gan, soalnya tiap situs belum tentu punya driver yang agan cari

Klo ane sih biasanya pake kata kunci: Seri PC/Laptop Driver

klo agan bingung post disini aja serinya nanti q carikan drivernya

Anonymous said...

BYOND M1621

Putra Wahyu said...

coba dulu yang ini gan

http://rouens.blogspot.com/2012/06/3dp-chip-v1205-pencari-driver-pc-secara.html

Anonymous said...

minta izin sedot gan..sangat membantu,thanks

Putra Wahyu said...

makasih, sama2 gan :)

Anonymous said...

klo ada tips/trik lain and baru... kabar gan...
brbagi ilmu itu pahala gan... hehehee...
thx gan :)

Putra Wahyu said...

insyaallah gan :)

Anonymous said...

gan password .rar nya apa ?

Putra Wahyu said...

semua password rar nya rouens.blogspot.com

belajar blog said...

nice info sob

Putra Wahyu said...

thanks sob

Anonymous said...

ini baru blog yg brguna...
sipp gan.. lanjutkan !!!!

Unknown said...

directX apa bisa di gunakan di netbok 1ghz seperti acer aspire one 722??

glary utilities apa sama fungsinya sama ccleaner?

Putra Wahyu said...

thanks ya gan :)

Putra Wahyu said...

ane tanya2 bisa gan

iya glary ama CCleaner sama fungsinya

Anonymous said...

gan glary itu kalu salah pake apa bisa fatal akibatnya...............soal nya saya pernah pake ccleaner tambah bobrok laptop saya jadi harus instal ulang....mohon bantuanya..

Putra Wahyu said...

kaga gan, aman

agan sama spt saya, dulu aku pernah pake registry cleaner semacam iobit ama ccleaner pernah error malah komputernya tapi sselama pake glary belum pernah alhamdulillah

Anonymous said...

terus pemakaian glary yang baik berapa kali dalam seminggu.............

Putra Wahyu said...

satu ato 2 minggu sekali, sering dipake juga gpp

Anonymous said...

thank gan,,, izin download.. ne baru blog bermanfaattttt

The Best said...


"Info yang bermanfaat" jangan lupa kunjungi juga Cyber Techpoci

Anonymous said...

OM akk mau tanya nih ,,
laptop ku kalau di buat game sma browser itu kok selalu gk bisa ,, dan selalu keluar kata " CLOSE THE PROGRAM " itu knapa ya OM ,,
apa SOftware na bermasalah ,, ??

Anonymous said...

mantap bos,bisa dinstall di komp baru ane nanti!

Anonymous said...

softwarena bajakan kali ya?? CMIIW

Putra Wahyu said...

software bajakan kaga ngaruh kali, kalo menurut gw karena memory leak (kekurangan memory), laptop ane juga gitu soalnya RAM nya kecil cuma 1gb, CMIIW

Anonymous said...

kereeen broooooooooooooo

Anonymous said...

makasih banyak bro, ngemeng2 kalo dah mapan bisa saling ngelengkapin nih sama bagas31 n remo xp...coba bikin yang bener2 berguna tapi sedikit beda bro.oke

Unknown said...

memang terbaik dari ladang la bro.....

thanks

Unknown said...

thanks brada..
Blog ini sangat membantu bagi seorang newbie seperti saya ^^
sukses selalu !! lanjutkan ^^

Unknown said...

thanks ya, ada NVIDIA juga bisa kan? sama HDAudio supaya ada suara, tapi pas aku install HDaudio kok muncul error katanya harus instal service pack 1, dan pas instal service pack 1 juga muncul "service pack 1 setup error", bantu dong :'(

Putra Wahyu said...

coba sebutin spek pc agan dan windows yang dipake, barangkali ane bisa bantu

samsul coz said...

thank you very much

Putra Wahyu said...

oke sob sama-sama

Anonymous said...

nice posting gan.. ntu bsa wat windows 8 final kan gan? saya brusan beli n install win 8 tpi g ada aplikasinya. sedih:-(

Putra Wahyu said...

kalo win 8 ane kaga tau gan, soalnya kan masi baru, waktu 7 baru rilis aja banyak yg ga kompatibel :D

Anonymous said...

MS Office ?

Unknown said...

tanks gan....oya ane baru instal ulang laptop dell n4030 i3...setelah instal ulang ko bluetooth ma dell webcamnya ilang yah??
mohon bantuannya

Unknown said...

Sangat membantu gan bagi pemula....

Anonymous said...

Wah wah. keren banget ni blog. izin sedot semuanya yahh :D

nutrition said...

wah nambah ilmu nech... trims dah sharing... software yang musti diinstal...

Unknown said...

mantep gan, btw tambahan dari ane:
1. office app(microsoft, abi, dkk)
2. pdf reader/writer (adobe, etc)
3. design app(photoshop,corel)
4. game(klw mau sih)
5. paling penting DRIVER!!!

p.s: klw agan2 gak mau repot instal bxk app, saran saya....PAKE UBUNTU

Anonymous said...

masih ada yg inget sama software ANTICRASH 3.6.1

eki said...

makasih banget,ya. ane memang lagi butuh softwarenya. numpang nyedot boleh ya gan?

Anonymous said...

Mas bro..
Gimana nich cara ngatasi mobo Asrock G41M-VS3 R2.0 Creative Sound Blaster X-Fi MB - Trial? Ada gak ya serial numbernya? Thanks, mas bro..

Andy Amou said...

makasiiih banyaaaaakk dapet pahala nih bro sumpah thanks gaan

Sandy S. said...

Nice post gan!!!! sangat membantu..

kikils said...

adobe flash player jangan lupa gan biar bisa streaming youtube

Unknown said...

sangat membantu sekali gan thanks ya

Unknown said...

trimakasih agan info y penting bnget wat nambah wawasan q dalam dunia computer hehheeheh,.,.

Admin said...

suwon gan.. kunjungan balik
http://fotografipon.blogspot.com/2014/02/berburu-surga-dunia-di-sikunir-i.html

Post a Comment

Rules:
~Jangan melakukan Spam
~Berkomentarlah tentang artikel yang sobat baca
~Mohon maaf kalau ditemukan spam, atau komentar OOT (Out of Topic), komentar terpaksa saya hapus

Note:
Jika anda memposting pertanyaan atau request, mungkin saya tidak dapat langsung menjawabnya. Untuk mendapat notifikasi ketika pertanyaan atau request anda dijawab, silahkan login ke akun google anda, lalu klik SUBSCRIBE BY EMAIL di bawah kotak komentar dan notifikasi akan dikirimkan ke email anda.